Jika sholat sendirian mendapat 1 derajat, jika berjamaah mendapat 27 derajat, berapah ukuran derajat tersebut? Apakah 27 pahala?
Ulama’ berbeda pendapat mengenai madsud dari “derajat” dalam hadits yang menjelaskan fadhilah sholat jama’ah, terdapat 2 pendapat dalam masalah ini;
1. Pendapat pertama menyatakan, maksud dari “derajat” tersebut adalah bahwa pahal yang didapatkan dari sholat jama’ah mengungguli pahala sholat yang dikerjakan sendirian dengan selisih 27 kali lipat pahala.
2. Pendapat kedua menyatakan, maksud dari derajat tersebut adalah “sholat”, artinya orang yang mengerjakan sholat secara berjama’ah mendapatkan pahala 27 kali sholat.
Dari kedua pendapat tersebut, menurut Syekh Ibnu Daqiq Al-‘Id pendapat yang kedua adalah yang paling jelas (adhhar) sebagaimana secara jelas disebutkan dalam sebagian riwayat hadits yang menjelaskan fadhilah sholat jama’ah. Selain itu hal tersebut juga diisyaratkan dengan penggunaan kata “tudho’afu” (dilipat gandakan) dalam sebagian riwayat hadits tersebut.
Referensi :
1. Faidhul Qodir Syarah Jam’us Shoghir, Juz : 4 Hal : 216
2. Ihkamul Ahkam Syarah Umdatul Ahkam, Juz 1 Hal : 188
3. Hasyiyah Al-Bujairomi Ala Syarhil Manhaj, Juz : 1 Hal : 339
Ibarat kitab :
Faidhul Qodir Syarah Jam’us Shoghir, Juz : 4 Hal : 216
ﺻَﻼَﺓُ ﺍﻟﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﺗَﻔْﻀُﻞُ ﺻَﻼَﺓَ ﺍﻟْﻔَﺬِّ ﺑِﺴَﺒْﻊٍ ﻭَﻋِﺸْﺮِﻳﻦَ ﺩَﺭَﺟَﺔً . ( ﻣَﺎﻟﻚ ﺣﻢ ﻕ ﺕ ﻥ ﻫـ ) ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ
ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ) ﻫﻢ ﺍﻟﻌﺪﺩ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻳﺠﺘﻤﻌﻮﻥ ﻳﻘﻊ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺬﻛﻮﺭ ﻭﺍﻹﻧﺎﺙ ﺃﻱ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﻴﻬﺎ ( ﺗﻔﻀﻞ ) ﺑﻔﺘﺢ ﺃﻭﻟﻪ [ ﺹ 217: ] ﻭﺳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻔﺎﺀ ﻭﺿﻢ ﺍﻟﻀﺎﺩ ( ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺬ ) ﺑﻔﺘﺢ ﺍﻟﻔﺎﺀ ﻭﺷﺪ ﺍﻟﺬﺍﻝ ﺍﻟﻤﻌﺠﻤﺔ ﺍﻟﻔﺮﺩ ﺃﻱ ﺗﺰﻳﺪ ﻋﻠﻰ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻤﻨﻔﺮﺩ ( ﺑﺴﺒﻊ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﺩﺭﺟﺔ ) ﺃﻱ ﻣﺮﺗﺒﺔ ﻭﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﺃﻥ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻮﺍﺣﺪ ﻓﻲ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻳﺰﻳﺪ ﺛﻮﺍﺑﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﺛﻮﺍﺏ ﺻﻼﺗﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﺳﺒﻌﺎ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﺿﻌﻔﺎ ﻭﻗﻴﻞ : ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﺇﻥ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺑﻤﺜﺎﺑﺔ ﺳﺒﻊ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﺻﻼﺓ
Ihkamul Ahkam Syarah Umdatul Ahkam, Juz 1 Hal : 188
ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ : ﻗﺪ ﻭﻗﻊ ﺑﺤﺚ ﻓﻲ ﺃﻥ ﻫﺬﻩ " ﺍﻟﺪﺭﺟﺎﺕ " ﻫﻞ ﻫﻲ ﺑﻤﻌﻨﻰ ﺍﻟﺼﻠﻮﺍﺕ؟ ﻓﺘﻜﻮﻥ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺑﻤﺜﺎﺑﺔ ﺧﻤﺲ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﺻﻼﺓ، ﺃﻭ ﺳﺒﻊ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ، ﺃﻭ ﻳﻘﺎﻝ : ﺇﻥ ﻟﻔﻆ " ﺍﻟﺪﺭﺟﺔ " ﻭ " ﺍﻟﺠﺰﺀ " ﻻ ﻳﻠﺰﻡ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻤﻘﺪﺍﺭ ﺍﻟﺼﻼﺓ؟ ﻭﺍﻷﻭﻝ ﻫﻮ ﺍﻟﻈﺎﻫﺮ؛ ﻷﻧﻪ ﻭﺭﺩ ﻣﺒﻨﻴﺎ ﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺎﺕ ﻭﻛﺬﻟﻚ ﻟﻔﻈﺔ " ﺗﻀﺎﻋﻒ " ﻣﺸﻌﺮﺓ ﺑﺬﻟﻚ
Hasyiyah Al-Bujairomi Ala Syarhil Manhaj, Juz : 1 Hal : 339
ﻗﻮﻟﻪ : ﻣﻔﻮﺗﺔ ﻟﻔﻀﻴﻠﺔ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ) ﺃﻱ ﻓﻴﻤﺎ ﻗﺎﺭﻥ ﻓﻴﻪ ﻓﻘﻂ ﻛﻤﺎ ﺃﻓﺘﻰ ﺑﻪ ﺍﻟﻮﺍﻟﺪ - ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ - ﻓﻴﻔﻮﺗﻪ ﺳﺒﻌﺔ ﻭﻋﺸﺮﻭﻥ ﺟﺰﺀﺍ ﻓﻴﻤﺎ ﻗﺎﺭﻧﻪ ﻓﻴﻪ ﻓﺈﺫﺍ ﻗﺎﺭﻧﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ ﻓﺎﺗﻪ ﺳﺒﻌﺔ ﻭﻋﺸﺮﻭﻥ ﺭﻛﻮﻋﺎ ﻷﻥ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺗﻔﻀﻞ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻤﻨﻔﺮﺩ ﺑﺴﺒﻊ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﺩﺭﺟﺔ ﺃﻱ ﺻﻼﺓ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﺡ ﻑ